Minggu, 15 Januari 2017

Ini bahaya Careto, trojan paling berbahaya versi Kaspersky


Dalam laporan terbarunya, Kaspersky menyatakan bahwa Careto adalah Trojan paling berbahaya karena bisa menyadap. Dampak yang ditimbulkan oleh malware satu ini pun bisa menghancurkan.
Seperti dilansir ZDNet , Careto bisa menyadap segala lini komunikasi dan mengumpulkan berbagai informasi vital dari komputer korban. Jika komputer korban adalah komputer milik dinas penting atau menyimpan data rahasia, maka tamat sudah riwayatnya.
Untuk mendeteksi malware ini pun juga terbilang sangat sulit karena kemampuan tipu muslihatnya. Malware ini mampu berlindung di balik banyak sekali hal dan bersembunyi dengan modul berbeda.
Menurut Kaspersky, Careto bisa dengan mudah memecah komponennya dan menyambungnya kembali. Malware ini juga mampu mengupdate diri sendiri dengan fungsi tambahan yang bermacam-macam tergantung kebutuhan pembuatnya.
Tercatat, sudah ada sekitar 380 target berbeda yang jadi sasaran. Target itu sendiri tersebar di 31 negara dan seribu lebih alamat IP.
Beberapa negara yang dilaporkan terinfeksi malware ini adalah Aljazair, Argentina, Belgia, Bolivia, Brazil, China, Amerika Serikat, dan negara-negara lainnya. Beruntung, Indonesia belum jadi korban dari keganasannya.
Malware ini sendiri mampu menyerang dan berkamuflase lewat berbagai file. Beberapa target yang diserangnya antara lain file populer dengan ekstensi DOC, DOCX, hingga PDF.
Nama lengkap malware ini sendiri adalah Trojan.Win32/Win64.Careto.* dan Trojan.OSX.Careto. Kebanyakan yang diserang malware itu merupakan komputer instansi besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar